Skip to main content

Mahir Bahasa Inggris tanpa Kursus (bagian 1)


Bahasa Inggris adalah bahasa internasional yang secara luas digunakan di berbagai belahan dunia. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari menguasai bahasa Inggris, terlebih dalam era globalisasi sekarang ini. Bagi saya pribadi, menguasai bahasa Inggris memiliki manfaat seperti menambah pengetahuan (banyak sekali informasi bermanfaat yang hanya tersedia dalam bahasa Inggris), menambah kepercayaan diri serta memperluas jaringan (pertemanan antar negara misalnya –meskipun hanya lewat Facebook). Tapi yang paling penting dalam menguasai bahasa Inggris adalah saya merasa puas dan lebih pede :D.

Untuk disebut pada level native speaker alias bisa berbicara bahasa Inggris layaknya orang asli dari negara berbahasa Inggris mungkin masih sangat jauh bagi saya. Tapi setidaknya saya merasa mahir dalam berbahasa Inggris secara praktis (practical) *eaaaaa :D. Banyak juga teman – teman yang suka menanyakan bagaimana agar bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik atau setidaknya mendapatkan nilai TOEFL yang tinggi. Mereka sering bertanya, buku apa yang saya gunakan untuk belajar dan bagaimana cara saya belajar. Ditanya seperti itu, sebetulnya saya juga agak sedikit bingung menjawabnya karena saya tidak belajar menggunakan textbook dan tidak memiliki cara belajar bahasa Inggris yang spesifik –apalagi mengambil kursus.

Terlebih bagi saya mempelajari bahasa Inggris terasa tidak seperti “belajar” pada umumnya. Ketika mendengar kata “belajar” biasanya saya mengasosiasikan dengan “keharusan” dan kegiatan yang menguras tenaga. Tapi untuk bahasa Inggris saya selalu merasa bahwa ini adalah kegiatan yang ingin saya lakukan karena saya menyukainya. Saya akan membagikan cara – cara sederhana untuk melatih kemampuan bahasa Inggris yang pernah saya lakukan :)

1. Mendengarkan lagu berbahasa Inggris 

Sangat simple kan? Hampir kebanyakan orang menyukai musik dan sering mendengarkannya lewat radio atau HP. Nah, sambil menyalurkan hobi mendengarkan musik ini dapat juga kita sisipkan untuk melatih kemampuan bahasa Inggris. Caranya dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris dan melihat lirik lagunya. Sejak masih duduk di bangku sekolah dasar saya sering melakukan hal ini. Karena ketika SD dulu belum marak internet seperti sekarang ini maka saya biasanya hanya bisa mengetahui lirik dari lagu berbahasa Inggris yang saya miliki kasetnya; seperti lagu – lagu Westlife, Blue, atau Avril Lavigne (anak SD yang agak nyeleneh, hehe). Saking ingin tahu lirik suatu lagu berbahasa Inggris, terkadang saya meminta tolong sepupu saya yang saat itu sudah SMA untuk mendengarkan lagu tersebut dan menuliskan liriknya. Sepupu saya itu lah yang sebenarnya menularkan kegemaran berbahasa Inggris kepada saya :) 

Saya ingat pernah suatu waktu saya menyukai lagu Black Eyed Peas berjudul Pump It dan kebetulan saya sudah mendapatkan liriknya. Ketika itu saya masih kelas 3 SMP dan sedang menghadapi ujian nasional. Anehnya, saya masih saja sempat menghapalkan lagu tersebut karena saya sangat ingin bisa menyanyikan lagu BEP yang semi semi rap gitu. Kan lebih besar tantangannya karena liriknya harus diucapkan secara cepat. Dari situ saya menyadari bahwa sepertinya saya suka sekali bahasa Inggris sampai – sampai sempat menghapal lagu saat ujian nasional :D

2. Mengeset pengaturan HP/media sosial dalam bahasa Inggris 

Sebetulnya hal sederhana ini sebelumnya tidak pernah saya sadari efeknya ternyata cukup signifikan dalam mengasah kemampuan berbahasa Inggris. Dengan mengatur HP atau media sosial kita ke bahasa Inggris, secara tidak langsung kita membiasakan “alam bawah sadar” kita terpapar bahasa Inggris. Sejak memiliki HP sendiri sampai dengan sekarang, saya tidak pernah menggunakan setting Bahasa Indonesia. Alhasil terkadang saya malah bingung kalau membuka HP yang menggunakan setting Bahasa Indonesia hehe. Tapi, tidak apa – apa lah.. saya mendapatkan keuntungan lain yaitu membiasakan diri membaca kosakata bahasa Inggris. Mengingat waktu yang kita habiskan bersama HP dan media sosial lumayan banyak juga kan?

3. Menonton film asing dengan sub berbahasa Inggris 

Demam drama Korea yang menjangkiti Indonesia sepuluh tahun terakhir ini sebetulnya bisa menjadi lahan efektif untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris. Caranya adalah ketika sedang nonton drakor atau anime, kita bisa memilih untuk menggunakan subtitle bahasa Inggris. Memang pada awalnya kita akan sedikit kewalahan dan tidak mengerti jalan ceritanya secara detil. Tapi apabila sudah terbiasa nantinya kita tidak akan merasa kewalahan dan tahu – tahu malah menguasai banyak kosakata baru tanpa melihat kamus. Karena saat menonton film kita bisa melihat mimik wajah, gesture dan adegan sehingga kadang kita mengerti arti subtitle-nya tanpa melihat kamus :D 



***

Itulah tips sederhana yang biasa saya lakukan dan secara tidak langsung mengasah kemampuan berbahasa Inggris saya. Untuk tips selanjutnya, nantikan postingan berikutnya ya :) 





Comments

Popular posts from this blog

opini : lagu Opo Aku Iki - Soimah

Miko Fajar Bramantyo

Lirik Lagu Merapi lan Merbabu - Anik Sunyahni